Say Hello to Improvement Program 2021

2021/03/25 | By Admin

Mengawali tahun 2021, perencanaan peningkatan kualitas kerja tentu saja adalah hal mutlak yang dilakukan oleh tiap Insan Kalla. Meskipun pada tahun ini, kita masih berada dalam situasi pandemi, namun bukan menjadi hambatan untuk melakukan Improvement. Sebaliknya, momentum ini justru menjadi langkah baru untuk bangkit bersama.

Upaya bangkit bersama ini lalu dijabarkan dalam satu spirit yang disebut dengan RISE. RISE adalah singkatan dari Recovery, Innovation & Improvement, Synergy and Excellence. Sejalan dengan hal tersebut, internalisasi Innovation & Improvement lalu tercurah pada usaha-usaha peningkatan kualitas kerja dan pengembangan ide inovasi yang tentu saja harus dilaksanakan secara terus menerus (Countinous Improvement). Menyambut hal tersebut, kemudian dibuatlah program yang mampu mewadahi berbagai macam ide-ide tersebut, tidak lain adalah Kaizen, Breakthrough dan Innovation.

Kaizen, Breakthrough dan Innovation tentu dibuat untuk menampung ide seluruh Insan Kalla untuk membangun budaya perbaikan berkelanjutan dalam pekerjaannya. Program yang mendorong karyawan untuk tidak hanya menjadi problem solver tetapi juga problem seeker. Tujuannya tentu untuk tetap menjaga mutu perusahaan membaik dan semakin baik lagi. Kabar gembiranya, untuk registrasi kaizen akan dibuka pada bulan April, sedangkan untuk  Kick Off  kedua program lainnya akan dilakukan sebentar lagi, tepat di penghujung maret tanggal 29 sampai 30 mendatang.

            Kick Off ini menjadi satu penanda untuk segera mempersiapkan project-project terbaru bagi para karyawan, ragam aktivitas project ini disusun untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, ataupun menjadi alat untuk memudahkan pekerjaan di unit bisnis masing-masing karyawan Kalla Group. Selain Kick off untuk project baru, akan dilaksanakan juga Project Controlling untuk project-project yang belum close atau carry over di tahun 2020.

 

Untuk mengikuti Breakthrough dan Innovation Project ini terdapat beberapa kriteria, antara lain :

1.      Strategic project

Project yang diajukan harus bersifat strategis, atau minimal strategi divisi

2.      Supporting KPI Corporate

Project yang diajukan mendukung pencapaian KPI Corporate yang telah ditentukan

3.      Based on Data

Project berangkat dari masalah yang terukur dengan data-data yang valid

4.      NQI (Net Quality Income) target min IDR 1 Billion

Target NQI dari project di proyeksikan minimal 1 Milyar, dan harus dipastikan bahwa project ini dapat di closed tahun ini.

5.      DMAIC Methodology

Metodologi yang digunakan adalah DMAIC, yaitu Define, Measure, Analyze, Improve dan Control. Tentunya akan lebih baik jika ada perbandingan sigma yang dicapai sebelum dan setelah project dilaksanakan.

6.      New Initiatives

Terdapat cara-cara baru dalam upaya perbaikan yang diinisiasi oleh tim, yang belum pernah dilakukan sebelumnya dan project ini bukan merupakan kewajiban atau keharusan dari pihak regulator, ATPM, ataupun stakeholder sejenis.

7.      BIG Impact

Project yang diajukan diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih luas kepada stakeholder di luar perusahaan, misalnya terhadap SBU lain dalam lingkup Kalla Group terhadap masyarakat dan stakeholder lainnya.

 

Maka dari itu, ayo mulai siapkan project improvement mulai dari sekarang!

 

Langkah besar, selalu dimulai dengan tapakan kecil terlebih dahulu, begitu pula dengan tujuan Improvement yang ingin kita tuju.

 

Semangat #PejuangImprovement